Contoh RPP MATEMATIKA KELAS VII



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
                                        2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :   1.    Menentukan variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
                                       2.    Menentukan hasil perkalian, pemangkatan, dan pembagian bentuk aljabar.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.     Menentukan variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
2.     Menentukan hasil perkalian, pemangkatan, dan pembagian bentuk aljabar.
B.    Materi Pokok
1.     Pengertian bentuk aljabar.
2.     Perkalian, pemangkatan, dan pembagian.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.     Membahas PR.
2.     Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
II.  Kegiatan Inti
1.     Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.     Siswa berdiskusi tentang pengertian bentuk aljabar dan menentukan variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
3.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-2  halaman 89.
4.     Guru mengingatkan kembali pengertian perkalian, pemangkatan, dan pembagian.
5.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-2  halaman 90 dan contoh 1-4 halaman 91.
6.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 91 latihan 1 nomor 1 s.d 2, halaman 91 latihan 1 nomor 3 s.d 6).
III. Penutup
1.     Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.     Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
1.    Tentukan koefisien p dari bentuk aljabar berikut!
a.    2p2 - 5pq + 4p
b.    p3 + 5p2 - p + 7
2.    Tentukan hasil dari soal-soal berikut!
a.    2p2 × (-8pr)
b.    (2p × 5q)4
c.    6x8y5 : 3x2y3


Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................




...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran




………………………..
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :   1.    Menentukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
                                       2.    Menentukan hasil mengenai substitusi bilangan pada bentuk aljabar.
                                       3.    Menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.     Menentukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
2.     Menentukan hasil mengenai substitusi bilangan pada bentuk aljabar.
3.     Menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar.
B.    Materi Pokok
1.     Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
2.     Mensubstitusikan bilangan pada bentuk aljabar.
3.     KPK dan FPB bentuk aljabar.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.     Membahas PR.
2.     Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penjumlahan dan pengurangan ben-tuk aljabar.
II.  Kegiatan Inti
1.     Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.     Guru mengingatkan kembali  sifat distribusi dan pengertian suku-suku sejenis.
3.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-4  halaman 92-93.
4.     Guru menjelaskan pengertian substitusi.
5.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-3  halaman 94.
6.     Siswa berdiskusi cara menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar seperti pembahasan hala-man 95.
7.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-3  halaman 96.
8.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 93 latihan 2 nomor 1 s.d 18, halaman 94 latihan 3 nomor 1 s.d 4, halaman 96 latihan 4 nomor 1 s.d 18).
III. Penutup
1.     Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.     Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
1.    Tentukan hasil penjumlahan dari  5x - 2xy + 6y  dan  -4x + 3xy - 5y !
2.    Tentukan hasil pengurangan  -3a2 - 9a  dari  a2 + 5a !
3.    Jika p = 3 dan q = 2, tentukan nilai dari bentuk aljabar berikut!
a. p3 - q3                                                                                  b.   (p - q)2
4.    Tentukan KPK dan FPB dari bentuk-bentuk aljabar berikut!
a.    16a2b2c   dan  20b2c2d                  b.   12p2q, 15q2r, dan 24pqr2

Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................



...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran



………………………..
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :  Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar.
B.    Materi Pokok
Penjumlahan dan pengurangan pecahan  bentuk aljabar.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.     Membahas PR.
2.     Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penjumlahan dan pengurangan ben-tuk aljabar.
II.  Kegiatan Inti
1.     Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.     Siswa membahas kegiatan seperti pada kegiatan siswa halaman 97.
3.     Siswa membahas soal seperti contoh 1-3 halaman 98.
4.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 98 latihan 5 nomor 1 s.d 4).
III. Penutup
1.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.   Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
Sederhanakan pecahan-pecahan aljabar berikut ini!
1.   
2.   






Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................




...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran




………………………..
NIP. ..........................





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :   1.    Menentukan hasil perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar.
                                       2.    Menentukan hasil pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Menentukan hasil perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar.
2.      Menentukan hasil pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
B.    Materi Pokok
1.      Perkalian dan pembagian pecahan  bentuk aljabar.
2.      Pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.      Membahas PR.
2.      Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah  perkalian dan pembagian pecahan  bentuk aljabar dan pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
II.  Kegiatan Inti
1.      Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-2 halaman 99 tentang perkalian dancontoh 1-2 halaman 99 tentang pembagian.
3.      Siswa membahas kegiatan seperti pada kegiatan siswa halaman 100.
4.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 100 latihan 6 nomor 1 s.d 16 dan halaman 101 latihan 7 nomor 1 s.d 13).
III. Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
1.    Sederhanakan soal-soal berikut!
a.                                        b.  
2. Tentukan hasil pemangkatan pecahan aljabar berikut!
a.                                     b.  




Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................




...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran




………………………..
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :  1.    Menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
                                       2.    Menentukan hasil perkalian suku dua menggunakan sifat distributif.
                                       3.    Menentukan hasil perkalian suku dua menggunakan skema.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
2.      Menentukan hasil perkalian suku dua menggunakan sifat distributif.
3.      Menentukan hasil perkalian suku dua menggunakan skema.
B.    Materi Pokok
1.      Perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
2.      Perkalian suku dua menggunakan sifat distribusi.
3.      Perkalian suku dua menggunakan skema.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.      Membahas PR.
2.      Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
II.  Kegiatan Inti
1.      Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.      Siswa berdiskusi menentukan cara perkalian dengan suku dua seperti pada buku paket halaman 101.
3.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-4 halamn 102.
4.      Siswa berdiskusi cara menentukan hasil perkalian suku dua dengan sifat distributif seperti contoh pada buku paket halamn 102.
5.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-2 halaman 103.
6.      Guru menjelaskan cara menentukan hasil perkalian suku du dalam skema.
7.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-4 halaman 104.
8.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 104 latihan 8 nomor 1 s.d 25).
III. Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
1.    Jabarkan bentuk-bentuk aljabar berikut!
a.    3x (x   2)                                  b.   –3pq (7p + 8pq – 5q)
2.    Jabarkan setiap bentuk perkalian berikut ini dengan menggunakan hukum distributif dan menggunakan skema.!
a.    (x + 2)(x – 5)                               b.   (x2 + 5x)(x2 – 10x)

Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................



...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran



………………………..
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator                      :  1.    Menentukan hasil pengkuadratan suku dua.
                                       2.    Menentukan hasil perkalian bilangan menggunakan perkalian istimewa.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Menentukan hasil pengkuadratan suku dua.
2.      Menentukan hasil perkalian bilangan menggunakan perkalian istimewa.
B.    Materi Pokok
1.      Pengkuadratan suku dua.
2.      Menggunakan perkalian istimewa untuk menghitung hasil perkalian bilangan :
Ø  Penggunaan perkalian  a(b+c)  dan  a(b+c+d).
Ø  Penggunaan perkalian  (x + a)(x + b).
Ø  Penggunaan perkalian  (x + a)(x – b).
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.     Membahas PR.
2.     Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari pengkuadratan suku dua.
II.  Kegiatan Inti
1.      Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.      Siswa melakukan kegiatan siswa seperti  pada buku paket halamn 104.
3.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-2 halaman 105.
4.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-2 halaman 106.
5.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-4 halaman 107.
6.      Siswa membahas soal seperti contoh 102 halaman 107.
7.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 105 latihan 9 nomor 1 s.d 24, halaman 108 latihan 10 nomor 1 s.d 26).
III. Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau  LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
1.    Tentukan hasil pengkuadratan berikut!
a.    (4p + 15)2                                                                        b.   (10m – 3n)2
2.    Tentukan hasil perkalian berikut!
a.    24 × 26                                       c.    75 × 85
b.    42 × 48                                       d.   76 × 64



Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................




...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran




………………………..
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( RPP )
S e k o l a h            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :  2.    Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar       :   2.3 Menggunakan ope rasi bentuk aljabar.
Indikator                      :  Menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal dalam kehidu-pan sehari-hari atau pemecahan masalah.
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
o    Menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal dalam kehidupan sehari-hari atau pemecahan masalah.
B.    Materi Pokok
Penggunaan aljabar dalam kehidupan.
C.    Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
I.   Pendahuluan
1.      Membahas PR.
2.      Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penggunaan aljabar dalam kehidupan.
II.  Kegiatan Inti
1.      Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.      Guru menjelaskan cara menterjemahkan soal kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk matematika.
3.      Siswa membahas soal seperti contoh 1-3 halaman 108-109.
4.      Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 109-110 latihan 11 nomor 1 s.d 7).
III. Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E.    Penilaian
Contoh Instrumen:
Sebuah batu dilemparkan ke vertikal ke atas. Tinggi batu setelah t detik, yaitu h meter dinyatakan dengan rumus h = 15t - 5t2. Hitunglah tinggi batu pada saat 2 detik setelah dilemparkan!






Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................




...................................
NIP. ...........................

Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran




………………………..
NIP. ..........................

0 komentar :