Contoh RPP MATEMATIKA KELAS VII
00:19:00
By
Unknown
Matematika
0
komentar
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : 1. Menentukan variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
2. Menentukan hasil perkalian,
pemangkatan, dan pembagian bentuk aljabar.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Siswa dapat:
1. Menentukan
variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
2. Menentukan hasil perkalian, pemangkatan, dan pembagian
bentuk aljabar.
B. Materi Pokok
1.
Pengertian bentuk aljabar.
2. Perkalian,
pemangkatan, dan pembagian.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Siswa berdiskusi tentang pengertian bentuk aljabar dan
menentukan variabel, koefisien, konstanta, dan suku sejenis.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh
1-2 halaman 89.
4. Guru
mengingatkan kembali pengertian perkalian, pemangkatan, dan pembagian.
5.
Siswa membahas soal seperti contoh
1-2 halaman 90 dan contoh 1-4 halaman 91.
6.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 91 latihan 1 nomor 1 s.d 2, halaman 91 latihan 1 nomor 3 s.d 6).
M. Cholik A., halaman 91 latihan 1 nomor 1 s.d 2, halaman 91 latihan 1 nomor 3 s.d 6).
III. Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
1.
Tentukan koefisien p dari bentuk aljabar berikut!
a. 2p2 - 5pq + 4p
b. p3 + 5p2 - p + 7
2.
Tentukan hasil
dari soal-soal berikut!
a. 2p2 × (-8pr)
b. (2p × 5q)4
c. 6x8y5 : 3x2y3
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : 1. Menentukan penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar.
2. Menentukan hasil mengenai
substitusi bilangan pada bentuk aljabar.
3. Menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menentukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
2. Menentukan hasil mengenai substitusi bilangan pada bentuk
aljabar.
3. Menentukan KPK dan FPB bentuk aljabar.
B. Materi Pokok
1. Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
2. Mensubstitusikan bilangan pada bentuk aljabar.
3. KPK dan FPB bentuk aljabar.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1. Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penjumlahan
dan pengurangan ben-tuk aljabar.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Guru mengingatkan kembali
sifat distribusi dan pengertian suku-suku sejenis.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh
1-4 halaman 92-93.
4. Guru menjelaskan pengertian substitusi.
5.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-3
halaman 94.
6.
Siswa berdiskusi cara menentukan KPK
dan FPB bentuk aljabar seperti pembahasan hala-man 95.
7.
Siswa membahas soal seperti contoh
1-3 halaman 96.
8.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 93 latihan 2 nomor 1 s.d 18, halaman 94 latihan 3 nomor 1 s.d 4, halaman 96 latihan 4 nomor 1 s.d 18).
M. Cholik A., halaman 93 latihan 2 nomor 1 s.d 18, halaman 94 latihan 3 nomor 1 s.d 4, halaman 96 latihan 4 nomor 1 s.d 18).
III. Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
1. Tentukan hasil penjumlahan dari 5x - 2xy + 6y dan -4x + 3xy - 5y !
2. Tentukan hasil pengurangan -3a2 - 9a dari a2 + 5a !
3. Jika p = 3 dan q = 2, tentukan nilai dari bentuk aljabar
berikut!
a. p3 - q3 b.
(p
- q)2
4. Tentukan KPK
dan FPB dari bentuk-bentuk aljabar berikut!
a. 16a2b2c dan 20b2c2d b. 12p2q, 15q2r, dan 24pqr2
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan
hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar.
B. Materi Pokok
Penjumlahan dan
pengurangan pecahan bentuk aljabar.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penjumlahan
dan pengurangan ben-tuk aljabar.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Siswa membahas kegiatan seperti pada kegiatan siswa
halaman 97.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-3
halaman 98.
4.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 98
latihan 5 nomor 1 s.d 4).
III. Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
Sederhanakan pecahan-pecahan aljabar berikut ini!
1.
2.
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : 1. Menentukan hasil
perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar.
2. Menentukan hasil pemangkatan
pecahan bentuk aljabar.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menentukan hasil perkalian dan pembagian pecahan bentuk
aljabar.
2. Menentukan hasil pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
B. Materi Pokok
1. Perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar.
2.
Pemangkatan pecahan bentuk aljabar.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari
adalah perkalian dan pembagian
pecahan bentuk aljabar dan pemangkatan
pecahan bentuk aljabar.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-2
halaman 99 tentang perkalian dancontoh 1-2 halaman 99 tentang pembagian.
3. Siswa membahas kegiatan seperti pada kegiatan siswa
halaman 100.
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, yang terdapat
pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 100 latihan 6 nomor 1 s.d 16
dan halaman 101 latihan 7 nomor 1 s.d 13).
III. Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
1.
Sederhanakan soal-soal berikut!
a. b.
2.
Tentukan hasil pemangkatan pecahan aljabar berikut!
a. b.
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : 1. Menentukan hasil perkalian suatu
bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
2. Menentukan hasil perkalian suku dua
menggunakan sifat distributif.
3. Menentukan hasil perkalian suku dua
menggunakan skema.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menentukan
hasil perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
2. Menentukan
hasil perkalian suku dua menggunakan sifat distributif.
3. Menentukan hasil perkalian suku dua menggunakan skema.
B. Materi Pokok
1.
Perkalian suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
2. Perkalian suku dua menggunakan sifat distribusi.
3.
Perkalian suku dua menggunakan skema.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah perkalian
suatu bilangan dengan suku dua dan suku tiga.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Siswa
berdiskusi menentukan cara perkalian dengan suku dua
seperti pada buku paket halaman 101.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-4
halamn 102.
4.
Siswa berdiskusi cara menentukan hasil
perkalian suku dua dengan sifat distributif seperti contoh pada buku paket
halamn 102.
5.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-2
halaman 103.
6. Guru menjelaskan cara menentukan hasil perkalian suku du
dalam skema.
7.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-4
halaman 104.
8.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 104 latihan 8 nomor 1 s.d 25).
M. Cholik A., halaman 104 latihan 8 nomor 1 s.d 25).
III. Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
1. Jabarkan
bentuk-bentuk aljabar berikut!
a. 3x (x – 2) b. –3pq
(7p + 8pq – 5q)
2. Jabarkan
setiap bentuk perkalian berikut ini dengan menggunakan hukum distributif dan
menggunakan skema.!
a. (x
+ 2)(x – 5) b. (x2 + 5x)(x2 – 10x)
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : 1. Menentukan hasil pengkuadratan suku
dua.
2. Menentukan hasil perkalian bilangan menggunakan perkalian istimewa.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menentukan
hasil pengkuadratan suku dua.
2. Menentukan hasil perkalian bilangan menggunakan perkalian
istimewa.
B. Materi Pokok
1.
Pengkuadratan suku dua.
2.
Menggunakan perkalian istimewa untuk menghitung hasil perkalian bilangan :
Ø Penggunaan perkalian a(b+c) dan a(b+c+d).
Ø Penggunaan perkalian
(x + a)(x + b).
Ø Penggunaan perkalian
(x + a)(x – b).
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari pengkuadratan
suku dua.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Siswa melakukan kegiatan siswa seperti pada buku paket halamn 104.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-2
halaman 105.
4.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-2
halaman 106.
5.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-4
halaman 107.
6.
Siswa membahas soal seperti contoh 102
halaman 107.
7.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik A., halaman 105
latihan 9 nomor 1 s.d 24, halaman 108 latihan 10 nomor 1 s.d 26).
III. Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
1. Tentukan hasil
pengkuadratan berikut!
a. (4p
+ 15)2 b.
(10m
– 3n)2
2. Tentukan hasil
perkalian berikut!
a. 24 × 26 c.
75 × 85
b. 42 × 48 d.
76 × 64
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.3 Menggunakan ope rasi bentuk aljabar.
Indikator : Menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal dalam kehidu-pan
sehari-hari atau pemecahan masalah.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
o Menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menyelesaikan
soal dalam kehidupan sehari-hari atau pemecahan masalah.
B. Materi Pokok
Penggunaan aljabar dalam
kehidupan.
C. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, transparan dan OHP.
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2. Mengingatkan bahwa materi yang akan dipelajari adalah penggunaan
aljabar dalam kehidupan.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
2. Guru menjelaskan cara menterjemahkan soal kehidupan
sehari-hari ke dalam bentuk matematika.
3.
Siswa membahas soal seperti contoh 1-3
halaman 108-109.
4.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal, yang terdapat pada buku sumber (karangan
M. Cholik A., halaman 109-110 latihan 11 nomor 1 s.d 7).
M. Cholik A., halaman 109-110 latihan 11 nomor 1 s.d 7).
III. Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR) dari Buku Paket atau LKS.
E. Penilaian
Contoh Instrumen:
Sebuah batu dilemparkan ke vertikal ke atas. Tinggi batu setelah t detik, yaitu h meter dinyatakan dengan rumus h
= 15t - 5t2. Hitunglah tinggi
batu pada saat 2 detik setelah dilemparkan!
Memeriksa / Mengetahui
Kepala SMP ............................
...................................
NIP. ...........................
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP.
..........................
|
0 komentar :